Pondok Cabe
+1500024
daryusman@ecampus.ut.ac.id

VPN itu apa sih…!?

Selamat datang di daryusman.staff.ut.ac.id

VPN itu apa sih…!?

Hallo sob hari ini gw mau kasih sedikit info, yup sedikit aja tentang VPN. Pernah denger kan tentang VPN..!? kalo anda pengguna internet biasanya gak asing lagi dengan yang namanya VPN apalagi tahun kemarin 2019 kominfo memblokir aplikasi whatsapp dan banyak warga net yang akhirnya menginstal aplikasi VPN. Jadi VPN itu apa ya… aplikasi untuk bebas dari blokir internet… hmm jawabanya kurang tepat heheh 🙂 . Pernah gak anda bertransaksi online lewat mesin ATM bank, nah salah satu penerapan VPN itu ada di jaringan mesin ATM. Kok ATM pake VPN sih.. !? Ayo kenapa…. 🙂

Apa itu VPN… ? VPN atau nama panjangnya Virtual Private Network adalah suatu teknik membentuk jaringan pribadi/private diatas jaringan publik (internet). Maksudnya gimana sih.. ? Jadi dengan menggunakan VPN kalian dapat mengirim dan menerima data dari ataupun melalui jaringan internet yang seolah-olah jaringan pribadi, Jadi anda dapat terhubung ke jaringan kantor, kampus, rumah lewat jaringan internet. paham gak.. :). Makanya sekarang sudah tahu kan penerapannya, misal bank ABC punya banyak cabang nah antar cabang ini saling terhubung melalui VPN supaya tidak bisa diakses oleh orang lain. Termasuk juga jaringan kampus seperti Universitas Terbuka antara UT pusat dan UPBJJ tersambung dengan VPN. Contoh lagi ya misal ada registrasi keliling di UPBJJ Jakarta dan lokasinya registrasi kelilingnya di Karawang, nah untuk akses aplikasi registrasi dari karawang kita bisa memakai VPN selama ada jaringan internet. 

Terus kelebihan VPN apa sob..? kelebihannya itu:

  1. Keamanan, karena data anda terekripsi sehingga tidak bisa diakses orang lain kecuali anda punya kuncinya.
  2. Mengatasi pemblokiran, jadi kalo ada situs yang di blok oleh admin anda bisa mengaksesnya lewat VPN. wkwkwk
  3. Dll.. silahkan baca tentang VPN di google 🙂 

Mungkin itu sedikit informasi tentang VPN secara umum, tentang konfigurasi dan protokol ataupun securitynya tidak saya bahas karena akan panjang dan jadi satu buku :). Setidaknya bagi anda yang baru denger tentang VPN jadi paham.

thanks u sudah baca… 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *