March 25

PKBJJ di UPBJJ-UT GORONTALO

Pada tanggal 14 Maret 2019 saya  bersama tim PKBJJ (Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh) dari UT-Pusat ( Ibu Dr. Agnes Puspitasari Sudarmo, M.A. dan Bpk Dr.E. Andriyansah, S.E., M.M) berangkat ke gorontalo untuk melaksanakan Tugas Dinas PKBJJ di UPBJJ-UT Gorontalo. Kami bertiga berangkat dengan menggunakan pesawat batik air dari soekarno hatta pukul 2 (dua) dinihari. Penerbangan ke gorontalo termasuk sangat jarang apalagi jika memilih menggunakan Garuda Indonesia yang hanya ada pada hari tertentu saja.

Sampai di Bandara Gorontalo kami dijemput oleh UT-Gorontalo  untuk menemui kepala upbjj yaitu bpk Mohamad Nasoha, S.E., M.Sc. di kantor UPBJJ UT-Gorontalo sekalian menyerahkan SPPD. Kebetulan di UT-Gorontalo kami bertemu dengan ibu Taurisa Andriani, S.E. dari Kepegawaian UT yang sedang bertugas melakukan pelantikan pejabat di lingkungan UPBJJ-UT Gorontalo.

Dari kantor UT-Grorontalo kami memutuskan untuk cekin Hotel, kebetulan saya dengan pak Andriyansah di satu hotel yang sama yaitu hotel Grand Q sedangkan ibu Agnes di hotel Maqna.

Hotel Grand Q termasuk hotel besar di gorontalo dan dari desas desus yang ada ini hotel milik pak Wiranto. Di hotel ini sarapannya pun cukup lengkap hanya saja lingkungan hotel tersebut tidak ramai sehingga agak sulit untuk cari makan malam :). Untuk itu malam ke 3 dan ke 4 kami memutuskan menginap di Hotel amaris dengan harga yang murah tapi lingkungan di sekitar hotel cukup ramai, ada cafe, pusat oleh-oleh dan mall.

Kegiatan PKBJJ di UT-Gorontalo di laksanakan selama 3 hari, dengan rincian selama 2 hari kami melatih para intruktur yang terdiri dari  tutor dan staff UPBJJ (ToT) dan di hari ke 3 kami melatih para mahasiswa baru UPBJJ UT-Goronatalo masa registrasi awal 20191.

Untuk instruktur materi kami berikan secara rinci disertai praktek, namun ada tambahan mengenai tanya jawab seputar Universitas Terbuka, seperti kebijakan dan peraturan di UT dalam kegiatan pembelajaran, karena banyak diantara instruktur belum mengenal UT.

Untuk materi ke mahasiswa lebih banyak mengenai praktek SQ3R, baca cepat dan Online UT, karena materi pengenalan UT sudah di berikan saat mereka datang di OSMB (Orientasi Studi Mahasiswa Baru). Secara keseluruhan acara PKBJJ berjalan dengan lancar dan respon dari peserta sangat luar biasa.

Setelah acara kegiatan kami memutuskan untuk jalan-jalan sebentar melihat-lihat wisata di gorontalo seperti wisata bahari hiu paus (sayangnya ketika kesana ternyata belum musim hiu paus ke daratan hiks hiks.. ) dan Masjid walima emas yang ada di atas bukit dengan pemandangan ke arah laut lepas, keren bro pemandangannya :).

Oh iya untuk oleh-oleh gorontalo kalian bisa beli Kopi Robusta Gorontalo dan Pia saronde ada juga sambal ikan roa. Itulah sekelumit perjalanan kami di kota gorontalo. See u next time..


Tags: , ,
Copyright 2019. All rights reserved.

Posted March 25, 2019 by daryusman in category "Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *