Pondok Cabe
+1500024
daryusman@ecampus.ut.ac.id

Benarkah BAJAKAH sebagai obat kanker.. !?

Selamat datang di daryusman.staff.ut.ac.id

Benarkah BAJAKAH sebagai obat kanker.. !?

Bulan ini kita di hebohkan oleh berita dari kompas TV dengan presenternya Aiman tentang tanaman yang berkhasiat untuk obat kanker. Tanaman tersebut adalah BAJAKAH. Penemuan tersebut ramai karena ketiga siswa SMAN 2 Palangkara berhasil menjadi juara dunia. Ketiganya adalah Yazid, Anggina Rafitri, dan Aysa Aurealya Maharani. Mereka menemukan obat penyembuh kanker dari tumbuhan bajakah, tumbuhan khas Kalimantan Tengah. Walaupun sebenarnya meraka bukanlah penemu pertama tumbuhan tersebut karena tumbuhan ini sudah sangat lama sekali digunakan oleh suku dayak ngaju disana sebagai obat. 

Yang perlu kita garis bawahi bahwa tanaman ini ada beragam jenis, bahkan ada yang sangat beracun dimana getahnya sangat beracun dari tanaman bajakah ini yang biasa digunakan oleh suku dayak sebagai racun senjata sumpit. Untuk itu kita harus sangat selektif dan jangan langsung mengiyakan informasi yang ada. Jika memang ingin mencoba khasiat tanaman tersebut ada baiknya LANGSUNG mendatangi ke lokasi tanaman JANGAN membeli secara online. Jika mendatangi langsung maka penduduk setempat akan menjelaskan mana yang berkhasiat obat mana yang menjadi racun.

Selain itu untuk mengkonsumsi bajakah para tetua adat di kalimantan biasanya punya pantangan-pantangan yang harus kita penuhi agar bisa menjadi obat. Jadi kita gak bisa asal-asalan mengkonsumsi tanaman tersebut. Mungkin itu informasi yang bisa saya tambahkan, untuk info lanjut silahkan browsing di google ya…. 🙂 dan saat ini terjadi ekploitasi cukup besar terhadap tanaman ini, miris…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *