Pondok Cabe
+1500024
daryusman@ecampus.ut.ac.id

Mengapa Ibu Kota harus pindah..?

Selamat datang di daryusman.staff.ut.ac.id

Mengapa Ibu Kota harus pindah..?

Rencana kepindahan ibu kota negara sudah sangat lama di isukan, bahkan dari jaman presiden soekarno pun wacana pemindahan ibu kota sudah ada. Hal itu disampaikan Presiden Jokowi dalam Pidato Kenegaraan saat Sidang Bersama DPD-DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). “Pada kesempatan yang bersejarah ini, dengan memohon ridha Allah SWT, dengan meminta izin dan dukungan dari bapak ibu anggota Dewan yang terhormat, para sesepuh dan tokoh bangsa, terutama dari seluruh rakyat Indonesia, dengan ini saya mohon izin untuk memindahkan ibu kota negara kita ke Pulau Kalimantan,” ujar Jokowi.

Ada alasan kenapa ibu kota harus pindah, Ini demi terwujudnya pemerataan dan keadilan ekonomi. Ini demi visi Indonesia Maju. Indonesia yang hidup selama-lamanya, Saya kutip dari kementerian PPN/Bappenas alasan pindahnya ibukota negara.

Alasan:

  1. Pertumbuhan urbanisasi yang sangat tinggi, konsentrasi penduduk terbesar di Jakarta dan Jabodetabekpunjur.
  2. Jakarta Masuk Ranking 9 Kota Terpadat di Dunia (Sumber : World Economic Forum, 2017)
  3. Kemacetan tinggi dan commuting time
    • Commuting Time 2-3 jam/trip atau 4-5 jam/round trip
    • Indeks kemacetan terdapat di peringkat ketujuh dari 403 kota yang di-survey di 56 negara (Tomtom, 2018).
    • Memiliki kinerja kemacetan (Gridlocks) terburuk dengan 33.240 stop-start index (Pantazi, 2015), sehingga menyebabkan komunikasi dan koordinasi antar K/L tidak efektif
    • Kerugian ekonomi akibat kemacetan meningkat dari Rp 56 Triliun per tahun di 2013 (PUSTRAL UGM 2013) menjadi Rp 65 triliun per tahun (World Bank 2017)
  4. Pencemaran Udara dan Sungai
    • Jakarta berada pada ranking 1 sebagai kota dengan kualitas udara terburuk di dunia berdasarkan Air Quality Index Value (Data AirVisual, Agustus 2019)
    • Kualitas air sungai 96% tercemar berat
  5. Potensi Ancaman Gempa di Jakarta
    • Wilayah Jakarta terancam oleh aktivitas Gunung Api (Krakatau, G.Gede) dan potensi gempatsunami Megathrust Selatan Jawa Barat dan Selat Sunda dan
      gempa darat Sesar Baribis, Sesar Lembang dan Sesar Cimandir

Akan lanjut di episode berikutnya… 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *