Pondok Cabe
+1500024
daryusman@ecampus.ut.ac.id

Mengenal komponen utama smartphone

Selamat datang di daryusman.staff.ut.ac.id

Mengenal komponen utama smartphone

Hampir semua orang saat ini sudah memiliki smartphone akan tetapi banyak yang kurang tau akan istilah komponen yang ada di dalamnya. Hari ini saya akan jelaskan sedikit komponen utama di smartphone dan minimal ketika anda beli smartphone ada bayangan seperti apa spesifikasi smartphone nya. Oke Kita mulai ya..

  1. Processor (CPU) adalah engine yang paling utama dimana tugasnya itu menjalankan sistem operasi dan aplikasi yang ada di smartphone. Contoh processor itu Snapdragon, Mediatek, Kirin, Bionic, Exynos dll.
  2. RAM adalah tempat penyimpanan sementara sistem atau aplikasi yang sedang dijalankan, inget hanya data sementara bukan permanen gunanya apa biar gak lambat smartphone kita ketika banyak membuka aplikasi. Biasanya di smartphone saat ini besarnya antara 4 GB sampai 12 GB.
  3. Data Storage adalah kebalikan dari RAM, dia ini permanen yang menyimpan data dan sistem operasi smartphone anda. Biasanya di smartphone saat ini besarnya antara 64 GB sampai 1 TB. Biasa juga dikenal dengan ROM dan tambahan SD Card
  4. GPU adalah engine yang bertugas untuk mengolah tampilan grafis seperti image, video, aplikasi dan game. Contoh Adreno, Mali, GeForce, PowerVR, dll.

Jadi ketika anda ingin membeli smartphone pastikan komponen yang di gunakan diatas memakai seri yang terbaik. Misal: CPU Snapdragon 855+, GPU Adreno 640, RAM 12 GB, dan Storage 512 GB. Mungkin ini aja yg bisa saya infokan, yg sebenarnya komponen smartphone ada banyak tapi 4 komponen ini sangat vital buat smartphone anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *