ZAKAT FITRAH DENGAN UANG

Selamat datang di daryusman.staff.ut.ac.id

ZAKAT FITRAH DENGAN UANG

Telah masyhur bahwa dalam madzhab Hanafi, mereka membolehkan mengeluarkan zakat fitrah dengan uang. Kemudian terbaca oleh saya, orang yang lebih senior dari Imam Abu Hanifah juga sebelumnya sudah membolehkan untuk mengeluarkan zakat fitrah dengan uang.
Baiklah saya akan mengupas riwayat-riwayat yang menunjukkan hal itu kemudian kita nilai tingkat validitasnya. Ada dua buah kitab yang dijadikan penelitian kecil terkait tema ini, yang pertama adalah buku yang berjudul “ ﺍﻟﻜﺘﺎﺏ ﺍﻟﻤﺼﻨﻒ ﻓﻲ ﺍﻷﺣﺎﺩﻳﺚ ﻭﺍﻵﺛﺎﺭ ” karya Imam Abu Bakar ibnu Abi Syaibah (w.235 H) dan yang kedua kitab “ ﺍﻷﻣﻮﺍﻝ ” karya Imam Ibnu Zanjawaih (w.251).
Imam Ibnu Abi Syaibah dalam al-Mushonaf-nya membuat sebuah bab dalam kitab az-Zakaat dengan judul “ ﻓِﻲ ﺇِﻋْﻄَﺎﺀِ ﺍﻟﺪَّﺭَﺍﻫِﻢِ ﻓِﻲ ﺯَﻛَﺎﺓِ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ” (tentang pembayaran menggunakan dirham (uang) ketika menunaikan zakat Fitrah), kemudian beliau menurunkan 5 jalan riwayat dari 4 ulama tiga diantaranya menunjukkan adanya pembayaran zakat dengan uang seharga bahan makanan, sedangkan satu ulama lagi me-makruhkannnya.
Adapun Imam Ibnu Zanjawaih menurunkan judul bab dalam kitab az-Zakaat dengan nama “ ﺍﻟﺮُّﺧْﺼَﺔُ ﻓِﻲ ﺇِﺧْﺮَﺍﺝِ ﺍﻟﺪَّﺭَﺍﻫِﻢِ ﺑِﺎﻟْﻘِﻴﻤَﺔِ ” (keringan dalam membayar (zakat fitrah) dengan dirham seharga (bahan makanan pokok)), beliau mendokumentasikan 7 jalan yang menunjukkan pembayaran zakat fitrah dengan uang.
Baik kita mulai dengan riwayat yang ditulis oleh Imam ibnu Abi Syaibah dalam kitabnya diatas :
1. Atsar Umar bin Abdul Aziz rahimahullah, beliau menurunkan dua sanad untuk atsar ini. Imam ibnu Abi Syaibah berkata :
10368 – ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﺃَﺑُﻮ ﺃُﺳَﺎﻣَﺔَ، ﻋَﻦِ ﺍﺑْﻦِ ﻋَﻮْﻥٍ، ﻗَﺎﻝَ : ﺳَﻤِﻌْﺖُ ﻛِﺘَﺎﺏَ ﻋُﻤَﺮَ ﺑْﻦِ ﻋَﺒْﺪِ ﺍﻟْﻌَﺰِﻳﺰِ ﻳُﻘْﺮَﺃُ ﺇِﻟَﻰ ﻋَﺪِﻱٍّ ﺑِﺎﻟْﺒَﺼْﺮَﺓِ ‏« ﻳُﺆْﺧَﺬُ ﻣِﻦْ ﺃَﻫْﻞِ ﺍﻟﺪِّﻳﻮَﺍﻥِ ﻣِﻦْ ﺃَﻋْﻄِﻴَّﺎﺗِﻬِﻢْ، ﻋَﻦْ ﻛُﻞِّ ﺇِﻧْﺴَﺎﻥٍ ﻧِﺼْﻒُ ﺩِﺭْﻫَﻢٍ »
(no. 10368) telah menceritakan kepada kami Abu Usaamah, dari Ibnu ‘Aun beliau berkata : “aku mendengar dibacakannya buku (baca SK (surat keputusan)) Umar bin Abdul Aziz yang dikirimkan kepada Adiy di Bashroh, yang isinya : “diambil dari ahli Diwan berupa zakat fitrahnya, untuk setiap orang sebesar setengah dirham”;
10369 – ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﻭَﻛِﻴﻊٌ، ﻋَﻦْ ﻗُﺮَّﺓَ، ﻗَﺎﻝَ : ﺟَﺎﺀَﻧَﺎ ﻛِﺘَﺎﺏُ ﻋُﻤَﺮَ ﺑْﻦِ ﻋَﺒْﺪِ ﺍﻟْﻌَﺰِﻳﺰِ ﻓِﻲ ﺻَﺪَﻗَﺔِ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ‏« ﻧِﺼْﻒُ ﺻَﺎﻉٍ ﻋَﻦْ ﻛُﻞِّ ﺇِﻧْﺴَﺎﻥٍ ﺃَﻭْ ﻗِﻴﻤَﺘُﻪُ ﻧِﺼْﻒُ ﺩِﺭْﻫَﻢٍ »
“telah menceritakan kepada kami Wakii’, dari Qurroh beliau berkata : “telah sampai kepada kami SK Umar bin Abdul Aziz tentang zakat Fitrah : “yaitu dikeluarkan sebesar setengah sho’ (bahan makanan) untuk setiap orang, atau yang seharga dengannya, sebesar setengah dirham”.
Statusnya :
pentahqiq kitab Mushonaf, yakni asy-Syaikh Muhammad ‘Awaamah, mengatakan bahwa Abu Usaamah adalah Hamaad bin Usaamah, sementara Ibnu ‘Aun dalam naskah lain tidak ada ibnu yakni cuma ‘Aun saja, keduanya adalah perowi Basroh yang tsiqoh. Oleh karenanya, atsar ini shahih.
Sedangkan sanad yang kedua, Wakii’ adalah ibnu Jarooh, Aimah sunah yang masyhur, Qurroh yakni ibnu Khoolid as-Saduusi, perowi yang tsiqoh, sehingga sanad yang kedua juga shahih.
2. Atsar al-Hasan al-Bashri. Imam ibnu Abi Syaibah berkata :
10370 – ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﻭَﻛِﻴﻊٌ، ﻋَﻦْ ﺳُﻔْﻴَﺎﻥَ، ﻋَﻦْ ﻫِﺸَﺎﻡٍ، ﻋَﻦِ ﺍﻟْﺤَﺴَﻦِ، ﻗَﺎﻝَ : ‏« ﻟَﺎ ﺑَﺄْﺱَ ﺃَﻥْ ﺗُﻌْﻄِﻲَ ﺍﻟﺪَّﺭَﺍﻫِﻢَ ﻓِﻲ ﺻَﺪَﻗَﺔِ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ »
(No. 10370) telah menceritakan kepada kami Wakii’, dari Sufyaan, dari Hisyaam, dari al-Hasan beliau berkata : “tidak mengapa membayar dengan dirham untuk menunaikan zakat fitrah”.
Statusnya : semua perowinya tsiqoh, Hisyaam disini adalah ibnu Hasan, perowi Shahihain yang tsiqoh. Sehingga atsar ini shahih.
3. Atsar Abu Ishaq. Imam Ibnu Abi Syaibah berkata :
10371 – ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﺃَﺑُﻮ ﺃُﺳَﺎﻣَﺔَ، ﻋَﻦْ ﺯُﻫَﻴْﺮٍ، ﻗَﺎﻝَ : ﺳَﻤِﻌْﺖُ ﺃَﺑَﺎ ﺇِﺳْﺤَﺎﻕَ، ﻳَﻘُﻮﻝُ : ‏« ﺃَﺩْﺭَﻛْﺘُﻬُﻢْ ﻭَﻫُﻢْ ﻳُﻌْﻄُﻮﻥَ ﻓِﻲ ﺻَﺪَﻗَﺔِ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥَ ﺍﻟﺪَّﺭَﺍﻫِﻢَ ﺑِﻘِﻴﻤَﺔِ ﺍﻟﻄَّﻌَﺎﻡِ »
(No. 10371) telah menceritakan kepada kami Abu Usaamah, dari Zuhair beliau berkata, aku mendengar Abu Ishaq berkata : “aku menjumpai mereka membayarkan zakat fitrahnya pada bulan Romadhon dengan dirham seharga bahan makanan”.
Statusnya :
Zuhair yakni ibnu Muhammad at-Tamiimiy, perowi Shahihain, ia punya kelemahan jika yang mengambil haditsnya para perowi Syam. Namun dalam sanad ini Abu Usaamah adalah perowi Kufah, sehingga tidak ada masalah. Abu Ishaaq adalah ‘Amr al-Hamdaaniy, perowi Shahihain yang tsiqoh, masuk dalam thobaqoh tabi’i pertengahan, beliau banyak meriwayatkan dari para sahabat. Sehingga maksud perkataan beliau “hum” artinya mereka para sahabat. Oleh karenanya, membayar zakat fitrah dengan uang juga telah dilakukan oleh sebagian SAHABAT NABI.
4. Atsar Athaa`. Imam Ibnu Abi Syaibah berkata :
10372 – ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﺃَﺑُﻮ ﺑَﻜْﺮٍ ﻋَﻦْ ﻋُﻤَﺮَ، ﻋَﻦِ ﺍﺑْﻦِ ﺟُﺮَﻳْﺞٍ، ﻋَﻦْ ﻋَﻄَﺎﺀٍ، ﺃَﻧَّﻪُ ﻛَﺮِﻩَ ﺃَﻥْ ﻳُﻌْﻄِﻲَ ﻓِﻲ ﺻَﺪَﻗَﺔِ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻭَﺭِﻗًﺎ
(No. 10372) telah menceritakan kepada kami Abu Bakar, dari Umar, dari Ibnu Juraij, dari ‘Athaa`, bahwa beliau me-makruhkan membayar zakat fitrah dengan uang perak (alias dirham).
Statusnya :
Umar adalah ibnu Haaruun al-Balkhi, perowi matruk, dan Ibnu Juraij perawi yang mudallis, sedangkan beliau dalam sanad ini meriwayatkannya dengan ‘an’anah. Ole karena itu, atsar ini sangat lemah.
Adapun riwayat Imam Ibnu Zanjawaih dalam kitabnya “al-Amwaal” adalah sebagai berikut :
1. Atsar Umar bin Abdul Aziz. Imam Ibnu Zanjawaiah menurunkan dua sanad, beliau berkata :
2451 – ﺛَﻨَﺎ ﺃَﺑُﻮ ﺍﻟْﺄَﺳْﻮَﺩِ، ﺛَﻨَﺎ ﺍﺑْﻦُ ﻟَﻬِﻴﻌَﺔَ، ﻋَﻦْ ﻳَﺰِﻳﺪَ ﺑْﻦِ ﺃَﺑِﻲ ﺣَﺒِﻴﺐٍ، ﺃَﻥَّ ﻋُﻤَﺮَ ﺑْﻦَ ﻋَﺒْﺪِ ﺍﻟْﻌَﺰِﻳﺰِ ﻛَﺘَﺐَ : ﻳُﺆْﺧَﺬُ ﻣِﻦْ ﻋَﻄَﺎﺀِ ﻛُﻞِّ ﺭَﺟُﻞٍ ﻧِﺼْﻒُ ﺩِﺭْﻫَﻢٍ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻗَﺎﻝَ ﻳَﺰِﻳﺪُ : ﻓَﻬُﻢْ ﺣَﺘَّﻰ ﺍﻟْﺂﻥَ ﻳَﺄْﺧُﺬُﻭﻧَﻬُﻢْ ﺑِﻪِ
(No. 2451) telah menceritakan kepada kami Abul Aswad, telah menceritakan kepada kami Ibnu Luhaiah, dari Zaid bin Abi Habiib, bahwa Umar bin Abdul Aziz menulis SK : “diambil dari gaji setiap (pegawai) sebesar setengah dirham untuk zakat fitrah”.
Yaziid berkata : “mereka sampai sekarang masih diambil zakatnya seperti itu”.
2453 – ﺛَﻨَﺎ ﻋَﻠِﻲُّ ﺑْﻦُ ﺍﻟْﺤَﺴَﻦِ، ﻋَﻦِ ﺍﺑْﻦِ ﺍﻟْﻤُﺒَﺎﺭَﻙِ، ﻋَﻦْ ﻋَﻮْﻑٍ ﻗَﺎﻝَ : ﻗُﺮِﺉَ ﻋَﻠَﻴْﻨَﺎ ﻛِﺘَﺎﺏُ ﻋُﻤَﺮَ ﺑْﻦِ ﻋَﺒْﺪِ ﺍﻟْﻌَﺰِﻳﺰِ ﻓِﻲ ﺻَﺪَﻗَﺔِ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥَ : ‏« ﻭَﺍﺟْﻌَﻞْ ﻋَﻠَﻰ ﺃَﻫْﻞِ ﺍﻟﺪِّﻳﻮَﺍﻥِ ﻧِﺼْﻒَ ﺩِﺭْﻫَﻢٍ ﻣِﻦْ ﻛُﻞِّ ﺇِﻧْﺴَﺎﻥٍ، ﻳُﺆْﺧَﺬُ ﻣِﻦْ ﺃُﻋْﻄِﻴَﺎﺗِﻬِﻢْ »
(No. 2453) telah menceritakan kepada kami Ali bin al-Hasan, dari Ibnul Mubaroj dari ‘Auf beliau berkata : “dibacakan kepada kami SK Umar bin Abdul Aziz tentang zakat Fitrah pada bulan Ramadhan (yang isinya) : “berlakukan untuk ahli diiwan setengah dirham per orang, yang diambil dari gaji mereka”.
Statusnya : sudah berlalu sebelumnya.
2. Atsar Ibnu Syihaab. Imam Ibnu Zanjawaih berkata :
2452 – ﺃَﺧْﺒَﺮَﻧَﺎ ﺣُﻤَﻴْﺪٌ ﺃﻧﺎ ﻋَﺒْﺪُ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺑْﻦُ ﺻَﺎﻟِﺢٍ، ﺣَﺪَّﺛَﻨِﻲ ﺍﻟﻠَّﻴْﺚُ، ﺣَﺪَّﺛَﻨِﻲ ﻳُﻮﻧُﺲُ، ﻋَﻦِ ﺍﺑْﻦِ ﺷِﻬَﺎﺏٍ ﻗَﺎﻝَ : ‏« ﺃَﺧَﺬَﺕِ ﺍﻟْﺄَﺋِﻤَّﺔُ ﻓِﻲ ﺍﻟﺪِّﻳﻮَﺍﻥِ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻓِﻲ ﺃُﻋْﻄِﻴَﺎﺗِﻬِﻢْ »
(No. 2452) telah mengabarkan kepada kami Humaid, telah mengabarkan kepada kami Abdullah bin Shoolih, telah menceritakan kepadaku al-Laits, telah menceritakan kepadaku Yunus, dari Ibnu Syihaab beliau berkata : “Para pemimpin senantiasa mengambil zakat fitrah dari pegawainya dari gaji mereka”.
Statusnya :
Humaid adalah Imam Ibnu Zanjawaih sendiri; Abdullah bin Shoolih, hasanul hadits; al-Laits, Yunus bin Yaziid, dan Imam ibnu Syihaab az-Zuhri, para perowi Shahihain, para perowi yang tsiqoot. Atsar ini mininal hasan.
3. Atsar al-Hasan dan Sufyan. Imam Ibnu Zanjawaih berkata :
2454 – ﺃَﺧْﺒَﺮَﻧَﺎ ﺣُﻤَﻴْﺪٌ ﺃﻧﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪُ ﺑْﻦُ ﻳُﻮﺳُﻒَ، ﺛَﻨَﺎ ﻳُﻮﺳُﻒُ، ﻋَﻦْ ﻫِﺸَﺎﻡٍ، ﻋَﻦِ ﺍﻟْﺤَﺴَﻦِ ﻗَﺎﻝَ : ‏« ﺇِﺫَﺍ ﺃَﻋْﻄَﻰ ﺍﻟﺪِّﺭْﻫَﻢَ ﻣِﻦْ ﺯَﻛَﺎﺓِ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﺃَﺟْﺰَﺃَ ﻋَﻨْﻪُ ‏» ﻗَﺎﻝَ ﺳُﻔْﻴَﺎﻥُ : ﺇِﺫَﺍ ﺃَﻋْﻄَﻰ ﻗِﻴﻤَﺔَ ﻧِﺼْﻒِ ﺻَﺎﻉٍ ﻣِﻦْ ﺣِﻨْﻄَﺔٍ ﺃَﺟْﺰَﺃَ ﻋَﻨْﻪُ
(No. 2454) telah mengabarkan kepada kami Humaid, telah mengabarkan kepada kami Muhammad bin Yusuf, dari Hisyaam, dari al-Hasan, beliau berkata : “jika ia membayar zakat fitrah dengan dirham, maka sah zakatnya”.
Sufyan berkata : “jika ia membayarnya seharga setengah sho’ gandum, maka sah zakatnya”.
Statusnya :
para perowinya semuanya tsiqoh, dipakai Bukhori-Muslim, kecuali Yusuf yakni ibnu Ya’quub as-Saduusi, hanya dipakai Bukhori. Sehingga atsar ini shahih, sebagaimana jalannya Imam Ibnu Abi Syaibah diatas.
4. Atsar Abu Ishaaq. Imam ibnu Zanjawaih berkata :
2455 – ﺛَﻨَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪُ ﺑْﻦُ ﻋُﻤَﺮَ ﺍﻟﺮُّﻭﻣِﻲُّ، ﺃﻧﺎ ﺯُﻫَﻴْﺮٌ ﺃَﺑُﻮ ﺧَﻴْﺜَﻤَﺔَ، ﻋَﻦْ ﺃَﺑِﻲ ﺇِﺳْﺤَﺎﻕَ ﺍﻟْﻬَﻤْﺪَﺍﻧِﻲِّ ﻗَﺎﻝَ : ‏« ﻛَﺎﻧُﻮﺍ ﻳُﻌْﻄُﻮﻥَ ﻓِﻲ ﺻَﺪَﻗَﺔِ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﺑِﺤِﺴَﺎﺏِ ﻣَﺎ ﻳُﻘَﻮَّﻡُ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﻮَﺭِﻕِ »
(No. 2455) telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Umar ar-Ruumiy, telah mengabarkan kepada kami Zuhair bin Khoitsamah, dari Abi Ishaaq al-Hamdaaniy beliau berkata : “mereka membayar zakat fitrah dengan hitungan yang sebanding dengan uang perak”.
Statusnya : telah lewat penshahihnya diatas.
5. Atsar Malik bin Anas. Imam ibnu Zanjawaih berkata :
2456 – ﻗَﺎﻝَ : ﻗَﺮَﺃْﺕُ ﻋَﻠَﻰ ﺍﺑْﻦِ ﺃَﺑِﻲ ﺃُﻭَﻳْﺲٍ، ﻋَﻦْ ﻣَﺎﻟِﻚٍ ﻭَﺳُﺌِﻞَ ﻋَﻦِ ﺍﻟﺮَّﺟُﻞِ ﻳَﻜُﻮﻥُ ﻓِﻲ ﻣَﻮْﺿِﻊٍ ﻟَﻴْﺲَ ﻓِﻴﻪِ ﻃَﻌَﺎﻡٌ، ﺃَﻳُﺨْﺮِﺝُ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮَ ﺩَﺭَﺍﻫِﻢَ؟ ﻗَﺎﻝَ : ﻟَﺎ ﻭَﺍﻟﻠَّﻪِ، ﺛُﻢَّ ﻗَﺎﻝَ : ﻭَﻳَﻜُﻮﻥُ ﺃَﺣَﺪٌ ﺑِﻤَﻮْﺿِﻊٍ ﻟَﻴْﺲَ ﻓِﻴﻪِ ﻃَﻌَﺎﻡٌ، ﻓَﺄَﻱُّ ﺷَﻲْﺀٍ ﻳَﺄْﻛُﻞُ؟ ﻓَﻘِﻴﻞَ : ﺇِﻧَّﻪُ ﻳُﻘِﻴﻢُ ﻓِﻲ ﺫَﻟِﻚَ ﺍﻟْﻤَﻜَﺎﻥِ ﺍﻟﺸَّﻬْﺮَ ﻭَﺍﻟﺸَّﻬْﺮَﻳْﻦِ، ﻗَﺎﻝَ : ﺇِﺫَﺍ ﺭَﺟَﻊَ ﺃَﺧْﺮَﺝَ ﺫَﻟِﻚَ ﻃَﻌَﺎﻣًﺎ، ﻭَﻟَﺎ ﻳُﻌْﻄِﻲ ﻏَﻴْﺮَ ﺍﻟﻄَّﻌَﺎﻡِ
(No. 2456) aku membaca dihadapan ibnu Abi Uwais, dari Malik, beliau pernah ditanya terkait seseorang yang ditempatnya tidak punya bahan makanan, apakah dia boleh mengeluarkan zakat fitrah dengan dirham?”,
Beliau menjawab : “tidak, demi Allah”. Lalu beliau melanjutkan : “ia berada di tempat yang tidak ada bahan makanan?, lalu bagaimana makannya?”. Lalu dijawab : “maksudnya ia tinggal ditempat itu cuma sebulan atau dua bulan”. Maka Malik berkata : “nanti jika ia kembali ke kampungnya, ia mengeluarkan zakat fitrah dengan bahan makanan, tidak boleh membayarnya dengan dirham”.
Statusnya :
Ismail bin Abi Uwais, adalah keponakannya Imam Malik bin Anas, dipakai Bukhori-Muslim. Dalam jawaban Imam Malik diatas, tersirat bahwa beliau membolehkan seorang musafir yang tinggal di suatu tempat untuk masa tertentu boleh membayar zakat fitrah dengan uang, namun kalau sudah tinggal di kampungnya, maka kembali normal, zakat fitrah harus dibayar dengan bahan makanan.
6. Imam ibnu Zanjawaih berkata :
2457 – ﻗَﺎﻝَ ﺃَﺑُﻮ ﺑَﻜْﺮٍ : ﻗَﺎﻝَ ﺣُﻤَﻴْﺪٌ : ﺍﻟْﻘِﻴﻤَﺔُ ﺗُﺠْﺰِﻱ ﻓِﻲ ﺍﻟﻄَّﻌَﺎﻡِ ﺇِﻥْ ﺷَﺎﺀَ ﺍﻟﻠَّﻪُ، ﻭَﺍﻟﻄَّﻌَﺎﻡُ ﺃَﻓْﻀَﻞُ
(No. 2457) Abu Bakar berkata, Humaid berkata : “membayar zakat fitrah seharga bahan makanan sah insya Allah, namun yang paling utama adalah membayarnya dengan bahan makanan”.
Statusnya :
Imam Humaid ibnu Zanjawaih menutup bab ini dengan pendapat beliau pribadi bahwa membayar zakat fitrah dengan uang SAH zakatnya, sekalipun yang LEBIH UTAMA membayarnya dengan bahan makanan.
Imam Ibnu Zanjawaih adalah ulama sunnah yang mendakwahkan sunah di daerah Nasaa`, tempat lahirnya Imam Nasaa`i, beliau dikatakan sebagai orang yang pemahaman fiqihnya sangat bagus.
Kesimpulan dari pembahasan tema ini adalah, sah-sah saja membayar zakat fitrah dengan uang seharga bahan makanan, kalau di negeri kita seharga 2.5 Kg beras. Terlebih lagi jika memang pemerintahnya mengeluarkan keputusan untuk menunaikannya menggunakan uang sebagai sarana mempermudah pembayaran dan penyalurannya, maka dalam hal ini telah ada salafnya dari Amirul Mukminin “kelima” Umar bin Abdul Aziz, kemudian dari sejumlah Tabi’in juga , bahkan diduga sebagian sahabat Rodhiyallahu ‘anhum ‘ajma’in, telah terbiasa membayar zakat fitrah dengan uang.
Wallahul A’lam.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *