Teknologi KEAMANAN baru di CHROME untuk cegah pencurian DATA

Selamat datang di daryusman.staff.ut.ac.id

Teknologi KEAMANAN baru di CHROME untuk cegah pencurian DATA

Google Chrome telah menambahkan App-Bound Encryption untuk perlindungan cookie yang lebih baik di sistem Windows serta meningkatkan pertahanan terhadap serangan dari malware yang dapat mencuri informasi. Pada Windows, Chrome menggunakan Data Protection API (DPAPI) yang akan  secara efektif melindungi data dari akses tidak sah oleh pengguna lain dan bertahan terhadap serangan cold boot (cold boot attacks). Namun, DPAPI tidak melindungi terhadap aplikasi jahat (malware) yang dapat mengeksekusi kode sebagai pengguna resmi atau yang login, yang kemudian akan dimanfaatkan oleh para pencuri (infostealer).

Di Chrome versi127, chrome memperkenalkan perlindungan baru di Windows yang menyempurnakan DPAPI dengan menyediakan Enkripsi primitives yaitu Application-Bound (App-Bound). Di sini App-Bound Encryption berperan dengan menawarkan solusi yang lebih tangguh yaitu menghubungkan enkripsi data sensitif secara langsung ke identitas Chrome itu sendiri, seperti halnya Keychain macOS

Dalam rilis mendatang, chrome akan memperluas perlindungan ini ke passwords, payment data, dan authentication tokens  lainnya, yang selanjutnya akan melindungi pengguna dari malware yang mencuri informasi.

Cara Kerja Enkripsi

Melihat keunggulan Browser Chrome ada baiknya mulai sekarang teman-teman menjadikan google chrome sebagai default browser anda dan jangan lupa untuk mengupdatenya ya.. karna fitur tersebut hanya bisa berfungsi minimal di chrome versi 127. 

 

https://www.bleepingcomputer.com/news/security/google-chrome-adds-app-bound-encryption-to-block-infostealer-malware

 

One Response

  1. Muhaimin says:

    Menggunakan Chrome sejak 6 tahun terakhir. Hijrah dari Firefox. Untuk browsing selalu di mode incognito.

    Muhaimin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *